8 Titik Longsor Akibat Cuaca Ekstrim

MALUKUEXPOSE.COM- Sebanyak 8 (delapan) titik longsor dilaporkan terjadi akibat cuaca ekstrem di Kota Ambon.

“Berdasarkan laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, longsor diakibatkan Curah hujan yang cukup tinggi sejak Kamis (11/05/23) hingga Jumat (12/05/23) pagi mengakibatkan sejumlah lokasi terdampak tanah longsor di empat kecamatan di kota Ambon,” kata Sekretaris BPBD kota Ambon, Eva Tuhumury, Jumat (12/05/23) di sela-sela tinjauan bencana.

la mengatakan, berdasarkan data yang masuk sementara, terdapat delapan titik longsor diantaranya kawasan RT 004 RW 003 Kelurahan Urimessing, RT 001/02 Kusu-Kusu, RT 004/07 kelurahan Nusaniwe kecamatan Nusaniwe, RT 004/014 Batu Merah Dalam, RT 002/07 Negeri Soya Kecamatan Sirimau.

Selain itu di lokasi RT 022 RW 08 Desa Halong, RT 040/08 Negeri Passo, Kecamatan Baguala, dan akses jalan menuju Negeri Kilang Kecamatan Leitimur Selatan.

Dikatakannya, jumlah KK terdampak longsor sebanyak sembilan KK, mengakibatkan rumah rusak, infrastruktur atau fasilitas umum terdampak longsor yakni satu talud DAS kali Waitomu dan ruas jalan menuju Negeri Kilang.

“Petugas telah melakukan pendataan, juga memberikan bantuan berupa gerobak, sekop, terpal dan karung bagi keluarga untuk membersihkan lokasi serta antisipasi terjadinya longsor susulan,” ujarnya.

Dirinya berharap, warga Kota Ambon tetap waspada, karena bencana bisa terjadi kapan maupun di mana saja karena intensitas curah hujan diperkirakan masih terus meningkat.

BPBD meminta masyarakat yang tinggal di lereng gunung maupun bantaran sungai agar selalu waspada dan memperhatikan imbauan atau informasi dari pemerintah melalui media massa dan media sosial.

Masyarakat juga diminta segera memberikan laporan kepada BPBD melalui perangkat RT/RW atau pemerintah Desa/Negeri dan Kelurahan jika terjadi bencana.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *