Aktivis Muda Papua Harap Presiden Terpilih Ikuti Langkah Jokowi Bangun Papua

Ambon, Malukuexpose.com – Aktivis Muda Papua menyampaikan aspirasinya terhadap presiden terpilih yang akan memimpin Indonesia selanjutnya.

Menurut Charles Kossay, presiden selanjutnya diharapkan mampu meneladani dan melanjutkan berbagai program pembangunan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Harapan kami bisa meneruskan kebijakan nasional yang sudah baik dilakukan oleh Bapak Joko Widodo” ucapnya.

Bukan tanpa sebab, Charles memandang Pemerintahan Presiden Jokowi dianggap sangat peduli terhadap kemajuan Papua. Dia mencontohkan hal itu lewat kunjungan eks Gubernur Jakarta yang telah belasan kali ke Papua guna mendengar aspirasi masyarakat secara langsung.

“Sejak menjabat pada periode pertama maupun periode kedua bapak Presiden Joko Widodo sudah 17 kali mengunjungi Tanah papua komitmen Jokowi terhadap papua dan papua Barat itu dilanjutkan dengan dikeluarkan berbagai kebijakan penunjang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Charles mengungkapkan berbagai kebijakan tersebut antara lain seperti keluarnya Perpres No 24 tahun 2023 tentang rencana untuk percepatan pembangunan Papua Tahun 2022 sampai 2041.

Selanjutnya, terdapat juga kebijakan lain di tanah Papua, khususnya pemekaran wilayah hingga perpanjangan Otonomi Khusus atau Otsus.

“Otsus tersebut menunjukkan adanya keberpihakan serta pengakuan negara terhadap keistimewaan Papua dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan 4 fokus utama pembangunan dalam sektor kesehatan infrastruktur, kesejahteraan dalam wujud ekonomi kerakyatan,” ucap Charles.

Dia pun menilai, kebijakan Otsus merupakan berkat yang istimewa bagi rakyat Papua.

“Adanya Kebijakan otonomi khusus ini telah menegaskan bahwa pemerintah memberikan ruang yang luas bagi masyarakat Papua untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional khususnya di seluruh tanah Papua,” Ucapnya.

Ditambahkan Ketua Melanesian Youth Diplomacy Forum (MYDIF) Steve R. Mara mengapresasi pembangunan Papua, khususnya di era Pemerintahan Presiden Jokowi.

“Saya melihat pembangunan di wilayah Papua saat ini sudah sangat masif. pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo telah melakukan banyak pembangunan baik dari segi pembangunan infrastruktur sampai dengan pembangunan sumber daya manusia,” katanya.

Dirinya mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk mendukung berbagai program pembangunan nasional di Papua. Sebab, hal itu tidak saja berdampak pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) namun juga perekonomian rakyat.

Ia pun menegaskan, bahwa Papua merupakan bagian integral dari NKRI yang tidak terpisahkan. Karena itu, dirinya pun mengajak seluruh elemen masyarkat di Papua untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

“Mari kita jaga NKRI. Kita jaga papua, bersama dengan Indonesia kita jaga dari Sabang sampai Merauke,”. pungkasnya (M13E)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *