MalukuExpose – Berita

Buka Festival Seni Budaya dan Pemilihan Duta Qasidah, Sekkot Sampaikan 3 Pesan

Ambon,Malukuexpose.com – Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse resmi membuka festival seni budaya islami dan pemilihan duta Qasidah tingkat Kota Ambon tahun 2023″ yang diselenggarakan oleh DPD Lasqi Kota Ambon sekaligus dalam semangat memperingati Maulida Nabi besar Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam 1445 Hijriyah.

“kita ketahui bersama bahwa kota ambon merupakan sebuah kota majemuk yang menjunjung tinggi nilai- nilai spiritualitas dan pengembangan kreativitas seni budaya masyarakat, termasuk didalamnya seni budaya islam,” ucapnya Sekretaris Kota Ambon saat membuka acara dan memberi sambutan di gedung Islami Center, Kota Ambon, Selasa (17/10/23).

Dikatakan, untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan seni budaya islam sebagai media dakwah dan khasanah budaya bangsa, dibutuhkan keterlibatan dan kepedulian berbagai pihak yang dapat bergandeng tangan dengan pemerintah.

Lembaga seni dan qasidah (lasqi) sebagai lembaga seni keagamaan memiliki tanggung jawab besar dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu seni qasidah di kota ambon secara berkelanjutan, terutama dalam menyelenggarakan festival seni qasidah secara berjenjang, mengingat pelestarian dan pengembangan qasidah sebagai media dakwah dan syiar islam melalui seni budaya, turut memiliki andil dalam mendukung visi dan pengembangan ambon city of music.

“Apalagi festival qasidah kali ini semakin semarak karena turut melombakan tarian samrah dan hadrat sebagai bagian dari kekayaan budaya islam yang perlu terus dilestarikan untuk generasi penerus bangsa,” katanya

Olehnya itu, atas nama pemerintah kota ambon saya memberikan apresiasi dan menyambut positif prakarsa DPD Lasqi Kota Ambon atas komitmen dan konsistensinya dalam melestarikan seni budaya islami melalui festival seni budaya islami dan pemilihan duta duta qasidah Kota Ambon yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di tempat ini.

Dalam semangat kompetisi ini, sekaligus masih dalam momentum peringatan shalallahu alaihi maulid nabi wassalam, muhammad perlu menyampaikan beberapa pesan dan harapan untuk semua khususnya para peserta festival sebagai berikut :

Pertama, melalui festival seni budaya islami, diharapkan dapat memberi motivasi kepada anak anak remaja dan generasi penerus bangsa untuk terus mengenal, mendalami dan mengembangkan seni budaya islami sebagai wadah syiar dan dakwah untuk membangun karakter generasi yang berakhlak, bermoral dan berbudi pekerti.

Kedua, melalui lembaga seni qasidah diharapkan mampu mengembangkan, mengedukasi nilai menyiarkan nilai positif dari seni budaya islami untuk dapat beradaptasi dan tidak tertinggal dengan pengembangan seni-seni modern masa kini.

Dan ketiga, melalui festival seni budaya islami, diharapkan menjadi wadah untuk silaturahim dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam semangat ukhuwah islamiyah dan kerukunan umat beragama di kota ambon.

Akhir kata dirinya mengucapkan, “selamat berkompetisi pada festival seni budaya islami dan pemilihan duta-duta qasidah tingkat kota ambon tahun 2023. semoga setiap langkah dan tujuan baik kita senantiasa diberkati dan dirahmati oleh allah swt tuhan yang maha kuasa,” ucapnya (**)

Happy
Happy
0 0 %
Sad
Sad
0 0 %
Excited
Excited
0 0 %
Sleepy
Sleepy
0 0 %
Angry
Angry
0 0 %
Surprise
Surprise
0 0 %
Silahkan Bagikan :
Exit mobile version