MalukuExpose – Berita

Bunda Paud Kota Ambon, Kabupaten Buru, SBB dan KKT Resmi di Kukuhkan, Ini Pesan dari WMI

Ambon,Malukuexpose.comBunda Paud Kota Ambon, Kabupaten Buru, SBB dan KKT Resmi di Kukuhkan oleh Bunda Paud Provinsi Maluku Widya Murad Ismail (WMI). Jumat (08/09/23).

Selain pengukuhan, dilakukan juga Sosialisasi “Transisi Paud ke SD yang menyenangkan” Tahun 2023. Yang disaksikan atau dihadiri Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku, dan Para Ketua Organisasi Perempuan.

Dalam sambutan WMI disampaikan, bahwa dengan adanya pengukuhan inimerupqkqn bukti komitmen terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di Provinsi Maluku, khususnya pendidikan Usia Dini.

Olehnya itu, ada beberapa hal penting yang harus disampaikan, yang pertama pendidikan telah menjadi kebutuhan utama dan terkait erat dengan kehidupan manusia.

Oleh karena itu pembangunan bidang pendidikan haruslah menjadi prioritas pembangunan nasional maupun daerah. Sebab pendidikan menjadi fondasi dan kunci bagi tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kita semuanya tentunya menyadari bahwa peningkatan mutu pendidikan untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan prasyarat utama meraih kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dimana tingkat kesejahteraan dan kualitas SDM suatu bangsa atau daerah sangatlah ditentukan oleh kualitas Pendidikan,” katanya

Dan kedua, Pelantikan Bunda Paud Kabupaten/Kota merupakan sejarah tersendiri. Karena merupakan momentum yang menandai transformasi tangung jawab dari Bunda Paud yang baru, guna terwujudnya Kontinuitas pendidikan anak usia dini di daerah ini.

“Saya tahu menarik bundapaud tidak mudah. Hal ini disebabkan wilayah Maluku sebagai besar merupakan wilayah lautan, apalagi data dari Bapeda menyebutkan Provinsi Maluku, kalau ANGKA Partisipasi Kasar (APK) Paud Dewasa ini, , khususnya untuk usia 3-6 tahun baru sekitar 30,30 persen di tahun 2022, ini di bawah angka nasional yang sudah menembus 35,28 persen. mudah-mudahan dengan  pelantikan bunda paud hari ini, apk yang masih rendah itu, bisa kita tingkatkan lagi pada beberapa tahun mendatang,” ujarnya

Yang ketiga, berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, paud memegang peranan penting dalam mempersiapkan pemimpin bangsa yang berkarakter, khususnya di tahun 2045 anak usia dini akan mewarnai kepemimpinan di semua sektor sebagai kado ulang tahun yang ke 100 indonesia merdeka.

olehnya itu, sejalan dengan pelantikan saat ini, saya berharap dapat membangkitkan dan menggairahkan pendidikan anak usia dini di provinsi maluku, khususnya pada kabupaten/kota karena penyelenggaraan pendidikan merupakan tanggung jawab yang mulia sekaligus menjadi sebuah komitmen bersama dalam pengembangan unsur pendidik dan tenaga kependidikan lewat program kerja pengurus paud kedepan, sehingga dapat menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan bertanggung jawab dalam membangun karakter anak usia dini sebagai generasi penerus tongkat estafet dalam membangun bangsa dan negara, khususnya bagi provinsi maluku.

Keempat, pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan sosialisasi “transisi paud ke sd yang menyenangkan, dimana kegiatan ini merupakan episode ke-24 dari kegiatan merdeka belajar yang telah di luncurkan pada bulan maret 2023 yang lalu , karena anak usia dini merupakan periode gold ege dalam proses tumbuh dan kembang mereka  dalam membentuk karakter, fondasi pengetahuan, ketrampilan serta life skill anak di masa yang akan datang nanti. untuk itu,

“saya berharap kegiatan sosialisasi “transisi paud ke sd yang menyenangkan”  dapat  memberikan pemahaman bagi semua pihak bahwa periode usia dini anak bukan hanya pada tingkat paud saja lalu berhenti tapi akan berlanjut sampe anak-anak kita bisa mandiri. kegiatan transisi juga diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada guru sekolah dasar bahwa anak yang  lulusan paud mereka sudah di bekali dengan konsep dan karakter nanti guru sd akan melengkapi dengan berbagai macam materi tapi bukan mengharapkan bahwa dari paud harus sudah bisa baca tulis (calistung), karena di pud mereka sudah diberikan pelajaran dtentang kemampuan literasi, numerasi dan anak dapat mengolah dan memahami informasi secata kritis,” harapnya.

Kelima, “saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bunda paud kota ambon, kabupaten buru, seram bagian barat, dan kepulauan tanimbar yang telah selesai melaksanakan tanggung jawabnya sebagai bunda paud, semoga pengabdian ibu menjadi berkah bagi pengembangan pendidikan anak usia dini dan kepada bunda paud yang baru saja dilantik saya berharap dapat bekerja dengan baik dan memiliki komitmen yang besar terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini di kabupaten/kota masing masing, dan provinsi maluku umumnya,” Tandasnya. (**)

Happy
Happy
0 0 %
Sad
Sad
0 0 %
Excited
Excited
0 0 %
Sleepy
Sleepy
0 0 %
Angry
Angry
0 0 %
Surprise
Surprise
0 0 %
Silahkan Bagikan :
Exit mobile version