Butuh Pendampingan Hukum, Dishub KKT Teken MoU Dengan Kejari

MALUKUEXPOSE.COM-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Selasa (23/5) di kantor Korps Adhyaksa yang berada di Jalan Poros Saumlaki.

Kadishub Agus Sopnuan, Menyatakan, penandatanganan nota kesepakatan tersebut sebagai kebutuhan pendampingan hukum. Hal ini menunjukkan bahwa pihak Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum tidak saja berperan dalam melaksanakan tugasnya dalam bidang-bidang hukum tertentu saja, tetapi dapat juga berperan di bidang hukum yang lain seperti dalam bidang hukum Perdata dan Tata Usaha Negara sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal kepada instansi pemerintah,

“Ini adalah kerjasama yang saling menguntungkan karena dalam undang-undang mengatakan bahwa, pengacara negara itu adalah Kejaksaan,” tandas kadis.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) KKT Dady Wahyudi, mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan ini, pihaknya telah menandatangani nota kesepakatan tentang penanganan masalah hukum bidangperdata dan tata usaha negara (Datun) baik dengan OPD Pemda maupun instansi vertikal seperti pihak Bandara, Shabandar.

Menurut dia, MoU ini sejalan dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. Dalam pasal 30 ayat (2) disebutkan bahwa di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak dengan baik didalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerint 

“Di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan mengemban tugas, wewenang dan misi sesuai ketentuan yang digariskan Undang-Undang yang meliputi penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya,” ujar Kajari. (ED)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *