Diskominfo Sandi – BPS Lanjut Pertemuan EPSS

MALUKUEXPOSE.COM- Dinas Kominfo dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kota Ambon, kembali mengadakan pertemuan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Ambon, terkait dengan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

“Hari ini kita melaksankan rapat penilaian mandiri Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dihadiri oleh BPS kota selaku pembina data dan tim penilai internal yang melibatkan Bappeda dan Diskominfo,” ungkap, Kadis Kominfo Sandi, Joy Adriaansz kepada tim Media Center, Senin (22/05/2023) di ruang kerjanya.

Dikatakan, pertemuan itu adalah pertemuan lanjutan setelah sebelumnya dilaksanakan sosialisasi yang digelar dengan mengundang BPS Kota Ambon sebagai pemateri sekaligus tim penilai badan atau instansi.

Menurutnya, untuk tahun ini produsen data yang menjadi sampel penilaian, berasal dari dua organisasi perangkat daerah (OPD) yakni; Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dan Dinas Perikanan.

“Disperindag dan Dinas Perikanan menjadi sampel. Penilaian mandiri dilaksanakan guna mengevaluasi setiap kegiatan statistik yang telah dijalankan oleh kedua OPD tersebut,” urainya.

Lanjutnya, dalam pertemuan yang dilaksnakan pada Ruang Rapat Command Center tersebut, merupakan proses penilaian mandiri, yang akan terus berlanjut selama satu bulan kedepan.

“Dalam waktu satu bulan lebih ini kita lakukan evaluasi dengan berpedoman pada 38 indikator yang terbagi dalam 5 (lima) domain; prinsip Satu Data Indonesia (SDI), kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap proses hari ini, sampai dengan waktu berakhirnya di akhir bulan Juni dapat berjalan dengan baik.

“Evaluasi EPPS ini akan menjadi acuan dalam penyelenggaraan statistik di Kota Ambon. Selanjutnya guna menjawab hasil yang telah didiskusikan hari ini maka beberapa hari kedepan tim EPSS yang dikoordinir oleh Diskominfo akan mengunjungi ke dua OPD tersebut,” pungkas Adriaans. (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *