Hari ke-4 FPMK, Pemkab Malra Gelar Hair Yot

Malukuexpose.Com-Dihari keempat Festival Pesona Meti Kei, Pemerintah Daerah melaksanakan Hair Yot bertempat di Pantai Siran Loor Desa Faan Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara Sabtu, (14/10/2023) pukul 06:00 WIT.

Hair Yot yang dilaksanakan ditandai dengan pembukaan sasi laut untuk mengumpulkan hasil tangkapan di tepi pantai. Kegiatan Hair Yot sendiri merupakan kearifan lokal masyarakat suku Kei untuk melestarikan adat dan budaya daerah di tiap tahunnya.

Kegiatan menangkap ikan secara tradisional ini dengan wear warat dari laut ke tepi pantai. Setibanya, seluruh hasil tangkapan dipindahkan dalam keadaan hidup kedalam sero dikelilingi bambu yang ditancapkan membentuk lingkaran.

Setelah hasil tangkapan dikumpulkan di sero, selanjutnya masyarakat akan mengambil ikan yang telah terkumpul dengan memanah, menikam dan menombak.

al ini bertujuan guna mengumpulkan hasil laut sesuai jenis ikan yang diinginkan untuk dibawa pulang.

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun usai menangkap ikan mengatakan hasil tangkapan dihasilkan itu tidak seberapa namun sangat memuaskan. Dikatakan, penangkapan ikan secara tradisional yang dilaksanakan pihaknya saat ini merupakan bagian dari promosi daerah yang bertajuk kebudayaan.

“Ini belum seberapa namun lumayan untuk keperluan satu dua hari kedepan. Jadi, bagi basudara yang diluar sana kalau mau makan ikan segar datang dan berwisata di Kei karena Kei luar biasa. Hasil lautnya sangat menjanjikan.” ajak Bupati.

Thaher menjelaskan, Kepulauan Kei kaya akan potensi dan hasil laut yang perlu dijaga dan dilestarikan hingga anak cucu. Untuk itu dirinya berharap agar potensi kelautan dan perikanan daerah akan terus-menerus diperhatikan dan dikelola guna pengembangan pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Jadi, setelah mencari, berburu dan menangkap ikan maka hasilnya itu kemudian kita letakkan diatas tungku kayu seperti ini untuk diasar. Ini semua hasil tangkapan ikan segar dari laut bisa langsung dinikmati oleh wisatawan. Maka itu, basudara yang jauh-jauh diluar mari datang dan sukseskan pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei di Kabupaten Maluku Tenggara, karena Kei adalah surganya dunia.” pungkasnya.

Adapun peserta yang hadir dalam acara tersebut Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, Pj. Sekretaris Daerah Malra Ir. Nicodemus Ubro, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Guntur Alamsyah, Dandim 1503 Tual Letkol Inf. Kadek Muliarsa, Danlanud Dominicus Dumatubun Letkol Pas Junaidi Hamsyah, Kapolres Malra AKBP Frans Duma, S.P, Camat Kei Kecil Joseph Dumatubun, Rat Yab Faan, Kepala Desa Faan dan Kepala Desa serta masyarakat sekitar.(Dani)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *