Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Hadir di KKT

MALUKUEXPOSE.COM,SAUMLAKI-Organisasi Kejaksaan Agung Republik Indonesia bertambah Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (JAM Pidmil). Dimana sebelumnya, di lingkungan Kejaksaan Agung sudah ada Enam jabatan untuk posisi Jaksa Agung Muda (JAM), yaitu JAM Bidang Pembinaan, JAM Bidang Intelijen, JAM Bidang Tindak Pidana Umum (Pidum), JAM Bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus), JAM Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, dan JAM Bidang Pengawasan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) MTB Gunawan Soemarsono mengatakan, Jampidmil telah terbentuk di Bumi Duan Lolat, sehingga dengan di bentuknya Jaksa Agung Muda Militer maka akan memberikan dampak positif bagi kedua lembaga baik Kejaksaan maupun Orditurat Militer (Odmil).

“Di KKT kan ada Polisi Militer. Jadi Jampidmil akan lebih fokus pada perkara-perkara yang pelaku merupakan militer dan sipil, karena biasanya di split pada umum ke Kita dan militer ke Odmil,”terangnya.

Menurutnya, keberadaan struktur tersebut telah disosialisasikan baik di Pemda maupun unsur TNI. Maka dilihat sejalan dengan semangat reformasi dan penghargaan terhadap prinsip-prinsip supremasi sipil sebagai bagian dari salah satu prinsip demokrasi.

Olehnya dia menjelaskan, Pembentukan Jampidmil diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 38 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia. Kemudian, Peraturan Jaksa Agung Nomor 1 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia.

Merujuk Pasal 25B ayat (1) Perpres Nomor 15 Tahun 2021, Jampidmil bertugas mengoordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oditurat dan penanganan perkara koneksitas. (**)

Silahkan Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *