Kajari Imbau Dukcapil KTP Ganda

MALUKUEXPOSE.COM-Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Dady Wahyudi, memberikan warning kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) terkait pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

“Pak Penjabat Bupati, ingatkan dukcapil agar hindari pencetakan KTP ganda,” tandasnya saat rapat bersama antara Pemda, Forkopimda dan penyelenggara pemilu di Pendopo Bupati yang membahas tentang Pemantauan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Tanimbar, Rabu (10/5).

Menurut dia, pencetakan KTP ganda oleh dukcapil ini harus diingatkan, agar tidak terjadi kelebihan suara atau mutasi suara diakhir pentahapan pemilu. Kata dia, kesiapan kejaksaan dalam proses penindakan dalam penyelenggaraan pemilu, yang harus dipahami adalah tentang regulasi dan aturannya. Dirinya berharap penjabat bupati dapat pula mensupport Diskuncapil dalam membantu penduduk yang berhak ikut pemilu.

“Dari segi Gakumdu, harus lebih intens melihat tindak pidana mana saja yang harus diawasi,” ujar Kajari.

Dibeberkan, hal-hal yang masuk dalam tindak pidana pemilu, diantaranya membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, lakukan kampanye hitam (fitnah, hasut), pemutusan alat peraga, menyebabkan orang lain tidak dapat menggunakan hak pilih, pelanggaran dana kampanye, gunakan fasilitas pemerintah untuk kampanye salah satu Paslon.

“Saya ingatkan pak Penjabat Bupati ya agar tidak gunakan tempat ibadah dan pendidikan untuk berpolitik. Disini kan banyak. Adanya kekerasan juga, daftar Paslon tidak sesuai dengan SK Parpol dari pusat dan lainnya,” tandas Kajari yang menambahkan bahwa jika nanti ada laporan kepada Gakumdu, maka laporan itu harus berkaitan dengan dugaan tindak pidana pemilu. (Ed)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *