Keputusan KPU Tentukan Proses PAW Dua Anggota Dewan Kota 

Ambon,Malukuexpose.com – Ketua DPRD Kota Ambon mengakui masih menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Guna melakukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi PKPI.

Hal ini dikatakanya di Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (02/10/23) saat di tanyai Wartawan usai mendegar isu akan ada PAW untuk Julian Pattipellohy dapil Sirimau I – Leitisel dan Jacob Usmani Teluk Ambon-Baguala dari Partai PKPI.

Apalagi dalam Partai ini, dijelaskan ada terjadi dualisme ditambah ada surat dari beda-beda pimpinan dan juga Sekretarisnya baik dari pusat dan juga Daerah yang sudah memasukan surat PAW ke KPU.

“Intinya DPRD tidak punya kewenangan dalam memenuhi surat-surat itu, kami hanya menindaklanjuti surat-surat yang masuk dari partai bersangkutan untuk diproses,” ujarnya

Dan setiap surat-surat yang masuk terus menerus dari partai, katanya DPRD langsung melanjutkannya ke KPU, dan sampai saat ini belum ada balasan pasti.

Karena surat yang dibalas dari KPU sampai saat ini belum ada kepastian untuk pergantian atau tidak, karena masih banyak surat yang masih harus dilengkapi.

Dan apabila semua sudah terlengkapi pastinya KPU langsung mengambil langkah untuk berproses, karena saat ini KPU masih memakai Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

“Karena pengurus yang masih terdaftar dari pusat sampai daerah itu adalah pengurus yang berada pada SIPOL. Dan pastinya mereka tidak berani mengambil langkah untuk pergantian,” katanya

Apabila KPU sudah ada surat untuk DPRD segera menjalankan berproses PAW, diakuinya pasti DPRD langsung jalankan. Karena itu KPU punya verifikasi data, DPRD tidak punya kepentingan apapun di masing-masing partai.

Pasalnya, kalau pun terjadi proses PAW. Dari pihak yang di PAW kan lakukan proses hukum ke pihak DPRD sendiri tidak akan ada untung.

“Pastinya PAW yang dilakukan sudah sesuai prosedur dan arahan dari KPU, intinya DPRD hanya menindaklanjuti tidak ada sangkut paut dengan yang lain-lain,” akuinya Ketua DPRD. (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *