Kerja Birokrasi Pemda Kab Malteng Belum Penuhi Harapan Rakyat

MALUKUEXPOSE.COM,MALTEG-Rakyat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengapresiasi Pjs Bupati Malteng untuk segera lakukan penyegaran birokrasi, sehingga siapapun yang terpilih harus sesuai kompetensi supaya bisa menjalangkan tugas dan tanggungjawab.

Demikian disampaikan salah satu masyarakat Kabupaten Malteng, Miswar Tomagola kepada media kemarin. Pasalnya, Mengingat birokrasi yang ada hari ini merupakan birokrasi peninggalan Bupati Malteng sebelumnya pasca satu bulan pergantian kepada Pj Bupati.

Menurutnya, Penyegaran birokrasi juga bertujuan untuk meminimalisir potensi nepotisme yang menghambat pembangunan.

“Selama ini terdapat beberapa kejanggalan yang mengundang banyak tanya dari kami, semisal pemotongan kegiatan pada program-program tertentu pada seluruh SKPD, dan apakah DPRD Malteng sebagai representasi masyarakat mengetahui kebijakan yang di maksud atau tidak, sebab pembahasan dan mekanisme anggaran sudah melewati pembahasan APBD Kabupaten Malteng,”sesalnya.

Olehnya dia mengaku, Tentu pertanyaan ini harus di jawab dengan terbuka oleh orang yang berkompeten dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Malteng, Dr. Rakib Sahubawa.

Dikatakan, Sekda Malteng sebagai ex officio atau tim anggaran daerah mestinya menjelaskan pertanyaan-pertanyaan ini kepada publik secapatnya. Kalaupun terkesan menutup telinga.

“Kami minta untuk Sekda segera di evaluasi oleh DPRD Malteng dengan menggunakan hak interpelasi agar kebijakan pemotongan terhadap program-program tertentu di seluruh SKPD dapat ketahui dan kami menduga bahwa pemotongan yang ada mendasari kondisi keuangan yang saat ini terjadi devisit. Dan jika defisit bersifat tertutup merupakan hal yang biasa saja, akan tetapi di khawatirkan defisit Malteng bersifat terbuka sehingga mempengaruhi kebijakan belanja terhadap pendapatan APBD,”pintanya.

Oleh karena itu sebagai masyarakat yang menginginkan perubahan yang berarti di Malteng, kami berhak meminta Sekda di evaluasi oleh DPRD Malteng, Pjs Bupati Malteng, Gubernur Maluku bahkan Mendagri agar tabiat-tabiat pembangunan yang tidak sesuai dengan iklim demokrasi bisa teratasi dengan baik.

“Kami menghimbau kepada Pj Bupati Malteng untuk wajib melaporkan kondisi keuangan daerah serta rencana rolling birokrasi pada OPD Malteng dalam waktu dekat kepada Gubernur Maluku,”himbaunya. (***)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *