MalukuExpose – Berita

Me-Lounching GPM Peringati Hari Pangan Sedunia, Ini Kata Wattimena 

Ambon,Malukuexpose.com – Pj. Wali Kota Ambon Bodewin M Wattimena me- Lounching Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak Nasional, dalam rangka memperingati “Hari Pangan Sedunia”. Yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Ambon pada Kantor Kecamatan baguala, Senin (16/10/23).

Dalam sambutannya, dikatakan kegiatan ini merupakan program nasional guna menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok baik ditingkat produsen dan konsumen.

“Baik itu meningkatkan akses pasar bagi produsen pangan pokok serta kemudahan akses bahan pangan bagi konsumen dengan harga wajar serta membangun jaringan distribusi pangan untuk memudahkan stabilisasi pasokan dan harga pangan di konsumen. kegiatan ini dilakukan secara inklusif yang melibatkan semua sektor dan diharapkan adanya sinergitas antar level pemerintah dan juga stakeholder pembangunan lainnya,”katanya Wattimena.

Diakuinya, kegiatan yang diselenggarakan ini sesuai arahan bapak presiden pada pembukaan rakornas kepala daerah dan forkopimda se-indonesia pada januari tahun 2023, dari delapan arahan presiden point yang pertama terkait pengendalian inflasi pantau langsung harga di lapangan merupakan salah satu isu strategis pembangunan nasional yang harus segera ditangani secara komprehensif.

Sesuai data rilis dari badan pusat statistik (bps) menunjukkan kelompok harga pangan secara nasional bergejolak selalu mengalami inflasi secara bulanan (month to month/mtm) sepanjang januari-juli 2023. harga pangan indonesia tahun ini terimbas besar oleh adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem, pembatasan ekspor, hingga dampak perang rusia-ukraina.

Dampak besar tersebut, “tercermin dari kencangnya laju inflasi harga bergejolak (volatile item), yang didominasi bahan pangan. kondisi ini tentu saja dikhawatirkan terjadi adalah krisis pangan global yang tentu saja akan berdampak pada negara dan daerah kita, sehingga kita semua harus mewaspadai hal tersebut,” ujarnya

Menurutnya, kondisi inflasi tahunan provinsi maluku september 2023 sebesar 3,10% year on year lebih rendah bila dibandingkan september tahun 2022 yaitu 6,89% year on year kota ambon (yoy), september tahun 2023 sebesar 3,04% yang menurun dibandingkan bulan yang sama tahun 2022 sebesar (7,02%), dengan 5 komoditas terbesar pemicu inflasi yaitu beras, rokok kretek filter, rokok putih, tempe dan bahan bakar rumah tangga, serta 5 komoditas terbesar penghambat inflasi kota ambon diantaranya : cabai rawit, tomat, ikan selar, kangkung dan minyak goreng turunnya inflasi kota ambon menunjukkan keberhasilan dan upaya keras yang dilakukan pemerintah kota melalui tpid, antara lain operasi pasar murah serta koordinasi yang intens bersama stakeholder terkait dalam rangka menjamin ketersediaan stok, stabilitas harga, kelancaran distribusi barang dan jasa terutama bahan kebutuhan pokok di kota ambon.

Lanjut, berbagai upaya juga telah dilakukan oleh pemerintah kota ambon dalam mengatasi permasalahan ketersediaan stok pangan (stok volatile food), salah satunya melalui kerjasama, baik antara pemerintah kota ambon dengan pemerintah kabupaten maluku tengah melalui penandatanganan mou yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

“saya yakin dengan adanya kegiatan gerakan pangan murah kerjasama para distributor, bulog, gapoktan dan dinas pertanian ketahanan pangan kota ambon serta didukung langsung oleh badan pangan nasional akan menginspirasi berbagai pihak untuk turut menyelenggarakan kegiatan serupa, dengan sebaran pangan murah di berbagai titik yang lebih mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat, sehingga diharapkan harga kebutuhan pokok terutama pangan yang murah dan terjangkau dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di kota ambon,” ucapnya

Ditambahkan, pelaksanaan kegiatan gerakan pangan murah yang dilaksanakan dihari ini dengan memasarkan beberapa komoditi bahan pokok diantaranya beras, minyak goreng kita, gula, telur, bawang merah, bawang putih, kangkung, sawi, cabe rawit, cabe keriting serta beberapa produk lainnya, dari sisi harga bahan pokok yang dijual lebih murah dibandingkan harga pasar. hal ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Dinas pertanian, ketahanan pangan kota ambon sebagai opd yang diberikan mandat untuk membangun ketahanan pangan masyarakat diharapkan dapat lebih giat lagi melahirkan terobosan inovasi-inovasi berbagai bidang guna meningkatkan pangan bagi masyarakat kota ambon. (**)

Happy
Happy
0 0 %
Sad
Sad
0 0 %
Excited
Excited
0 0 %
Sleepy
Sleepy
0 0 %
Angry
Angry
0 0 %
Surprise
Surprise
0 0 %
Silahkan Bagikan :
Exit mobile version