Mendag : Harga Bahan Pokok Pasar Mardika Ambon Stabil

Malukuexpose.com – Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan, guna melakukan Ispeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Mardika untuk memantau harga barang-barang kebutuhan pokok.

Dalam kegiatan itu, Menteri didampingi Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, sempat berbincang- bincang dengan para pedagang.

Usai melakukan pantauan harga, Mendag Zulhas mengatakan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Mardika cenderung stabil, hanya ada satu komoditi yang harganya tinggi yakni Cabe Keriting yang mencapai Rp 70 ribu/Kg.

“Disini harga stabil. Telur, ayam, beras, minyak, bawang cenderung stabil. Cuma harga cabe keriting mahal sedikit tetapii cabe rawit murah. Berbeda dengan di pulau Jawa, cabe rawit mahal, Cabe keriting murah,” katanya. Minggu (18/06/23).

Dirinya mengakui, untuk menjaga kestabilan harga, pemerintah kota mesti memastikan stok bahan kebutuhan pokok tersedia, dan di kota Ambon dirinya akui stok cukup melimpah.

“Kalau barangnya banyak harga pasti stabil, kalau stok sedikit harga pasti naik, namun saya lihat di Ambon stok cukup melimpah untuk kebutuhan pokok,” tandasnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota mengakui, selalu melakukan sidak ke distributor dan agen untuk memastikan ketersedian bahan kebutuhan pokok. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga setiap harinya melakukan pemantauan harga pasar.

“Setiap 2 (dua) minggu Pemkot melalui TPID juga rutin melakukan Operasi Pasar yakni menjual barang – brang kebutuhan pokok dibwah harga pasar supaya bisa dibeli masyarakat Ini dilakukan untuk pengendalian harga di pasaran,” jelas Wattimena.

Disamping itu Pemkot juga memberikan subsidi baik bagi distributor maupun petani, misalnya untuk telur diberikan subsidi transport sebesar Rp 50.000/ rak, demi menjamin kestabilan harga serta melakukan kerjasama dengan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), guna menjamin ketersediaan stok barang kebutuhan pokok.

“Dengan upaya itu hari ini, Menteri juga menyaksikan bahwa harga bahan kebutuhan pokok di Kota Ambon tetap stabil, hanya cabe keriting yang naik” ujarnya.

Ditandaskan Wattimena, setiap harinya Pemkot melakukan pemantauan harga komoditi di pasar. Sehingga Jika ada distributor nakal yang menaikkan harga maka akan dilakukan pemanggilan.

Olehnya itu, demi menjaga inflasi, dirinya berharap para distributor dan pedagang tidak menaikkan harga secara sepihak, karena itu akan berdampak pada daya beli masyarakat.

“Semua saling berkaitan antara pembeli dan pedagang, sehingga saya berharap terjadi mekanisme pasar itu ok, namun tidak sampai memberatkan pembeli karena itu yang menyebabkan inflasi,” tandasnya. (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *