Pemda Gelar Rapat Pemantauan dan Evaluasi Perkembangan Politik di KKT

MALUKUEXPOSE.COM-Guna mengetahui perkembangan politik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan memastikan Pemerintah Daerah telah memberikan dukungan sukses penyelenggaraan Pemilu 2024 serta menciptakan stabilitas politik pemerintahan yang kondusif di daerah. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten setempat menggelar Rapat Pemantauan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah, Rabu (10/5).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Edward Indey, didampingi Kepala Kesbangpol Brampi Moriolkossu dan dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri KKT Dady Wahyudi, Kasat Intel Polres David Letelay, Kasdim 1507 Saumlaki, Ketua KPU Regen Lartutul, Ketua Bawaslu Mathias Albuwaman, para camat, kades se Bumi Duan Lolat yang digelar di Pendopo Bupati.

Penjabat Bupati mengatakan giat ini merupakan kebijakan dan arah dari program kerja pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dimana salah satu tugas dan kewajiban Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pemilu sebagaimana Pasal 434 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Kewajiban kita di Pemerintah Daerah adalah bagaimana mendukung penyelenggaraan pemilu dalam hal ini KPU dan juga sebagai aparatur ikut memantau dan mengevaluasi,” sebutnya.

Sambungnya, dari pertemuan di tingkat pusat, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum telah membuat satu sistem informasi terkait pemantauan perkembangan politik di daerah menjelang pemilu serentak di tahun 2024. Sistem informasi ini sebagai tidak lanjut arahan Presiden bagaimana Pemerintah Daerah menyiapkan diri untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu serentak.

Lanjutnya ada beberapa bidang yang menjadi fokus untuk dilakukan pemantaun khususnya dibeberapa Perangkat Daerah terkait khususnya instrumen-instrumen berupa informasi dan data dukung sebagai bukti bahwa pemda benar-benar melakukan dukungan terhadap penyelenggaraan pemilu di 2024 nanti.

“Nanti akan dituangkan di sistem informasi dan dipantau apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui informasi yang merupakan perkembangan dari beberapa aplikasi yang telah dibuat,” ungkapnya.

Dalam rapat itu pula dibahas tentang berbagai potensi kerawanan dalam pentahapan pemilu ini. (Ed)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *