Pemkot Gelar Penyusunan Rencana Kontingensi Banjir Bandang

Ambon,Malukuexpose.com – Pemerintah Kota Ambon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan Rencana Kontingensi Banjir Bandang (PRKBB) Kota Ambon Tahun 2023/2026”, di Manise Hotel, Senin, (07/08/2023). Yang dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Drs.Bodewin M. Wattimena, M.si.

Disampaikan, kegitan yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menyiapkan masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam, termasuk bencana banjir bandang.

“Tujuan kegitan ini pemerintah masyarakat dan stakeholder lainnya dapat menghadapi bencana. Sebab masyarakatlah yang akan terkena dampamg langsung,” tutur, Wattimena.

Lanjutnya, hal tersebut juga mesti menjadi perhatian khusus Desa/Negeri/Keluragan, harus menyusun rencana kontijensi penanggulangan hujan, agar pemerintah melalui dinas teknis dapat mengintervensi kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelum terjadi bencana.

Selain itu dirinya menambahkan, perlu ada sinergitas antar dinas teknis guna menghindarkan warga kota ini dari kejadian-kejadian buruk yang diakibatkan oleh bencana alam.

“Karena itu paling penting adalah bekerja sama, Dinas PUPR harus menormalisasi sungai, selanjutnya PRKP sebelum menerbitkan IMB untuk pembangunan supaya disurvei terlebih dahulu, dari kegiatan ini akan dihasilkan dokumen perencanaan yang terintegrasi supaya jauh kita sudah mempersiapkan antisipasi,” tandasnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat menambah pemahaman, serta meningkatkan kapasitas para peserta dalam mensingkronisasi siaga tangguh bencana.

“Saya berharap kegiatan ini pada waktu ya dapat memberikan pemahaman meningkatkan kapasitas kita semua, para peserta dalam upaya untuk koordinasi guna mensingkronisasi seluruh bukti, agar kita siap siaga tanggung bencana,” pungkas, Wattimena.

Untuk diketahui kegiatan ini Fila Isa akan selama tiga hari dimulais dari hari ini (07/08/23) sampai dengan (09/08/23). (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *