Pemkot Siap Fasilitasi Wartawan Ikuti Uji Kompetensi (UKW)

Ambon,Malukuexpose.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap memfasilitasi para wartawan di Kota Ambon untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) Kota Ambon, Joy R. Adriaansz. Ketika menutup kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Tim Media Center dan Wartawan Kota Ambon, di Manise Hotel, Senin, (24/07/23).

“Tahun depan sesuai dengan apa yang saya sampaikan tadi, kita (Pemkot) akan akan memfasilitasi teman-teman yang meliput di Pemkot dalam mengikuti UKW sebagai salah satu persyaratan kerja sama,” ungkapnya.

Diakuinya hal tersebut perlu difasilitasi oleh Pemkot, sebab UKW telah menjadi persayaratan khusus yang diminta beberapa kementerian saat datang meliput. Selain itu, UKW juga menjadi pengakuan profesionalisme seorang wartawan. Namun sayangnya, banyak wartawan yang belum berkesempatan. mengikutinya.

“UKW ini untuk membantu wartawan, sehingga mendapatkan pengakuan dan penghargaan sesuai profesionalitas mereka. Kedepan akan diberlakukan persyaratan ini dalam kerjasama Pemkot dengan media,” bebernya.

Untuk diketahui, UKW menjadi salah satu topik pembahasan menarik pada kegiatan tersbeut, serta melahirkan reaksi yang beragam. Namun semua peserta workhsop, mengapresiasi upaya Pemkot untuk memfasilitasi UKW bagi Wartawan yang bertugas di Pemkot Ambon.

Lebih lanjut terkait Workhsop ini, Adriaansz berharap dapat dilaksanakan secara berkala, guna meningkatkan kapasitas para jurnalis, dan Tim Media Center.

“Ini merupakan sebuah terobosan yang luar biasa dan tentunya akan menjadi catatan kritis bagi kita semua bahwa pertemuan ini penting, untuk mengingatkan kembali wawasan, kode etik dan kaidah-kaidah dalam profesi sebagai jurnalis,” ulasnya.

Diharapkan, melalui Workshop yang terlaksana selama satu hari ini, dapat membangkitkan pemikiran kritis dalam melaksanakan tugas kedepan baik sebagai jurnalis atau tim media center.

“Saya berharap bahwa materi-materi yang sudah dibawakan tadi mulai dari pemateri pertama oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Bapak Atmaji Sapto Anggoro, sampai dengan pemateri terakhir yaitu saya sendiri ini dapat menjadi catatan kritis bagi kita masing- masing supaya ke depan bisa melakukan tugas-tugas kita baik tim media center maupun teman-teman wartawan,” harapnya.

Dirinya menambahkan, sesuai dengan pernyataan yang disampaikan oleh Pak Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, pada saat pembukaan workshop bahwa Pemkot tidak anti terhadap kritikan, sehingga, kedepan jurnalis dapat memberikan kritikan yang membangun bagi Pemkot guna menjalankan tugas melayani masyarakat.

“Kami tetap menghargai teman-teman yang selama ini bukan saja memberikan dukungan kepada kebijakan, program, maupun kegiatan Pemkot, tetapi juga yang mampu memberikan koreksi, kritik, sebagai kontrol sosial bagi kami dalam satu kebijakan. Kami siap dikritik, siap untuk dibenahi menjadi lebih baik,” pungkas Adriaansz mengakhiri arahannya, yang diberi aplause oleh para peserta. (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *