Peringati HPSN, Wattimena Harap Ambon Bersih Sampah 

MALUKUEXPOSE.COM- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena berharap salah satu dari 11 kebijakan prioritasnya, yakni “Perwujudan Ambon Bersih” dapat terwujudkan. Hal tersebut disampaikannya, saat membuka kegiatan tersbut, pada Cafe Teluk Ambon, Kecamatan Baguala, Selasa (21/02/23).

Dirinya mengungkapkan guna mewujudkan kebijakan tersebut perlu ada sinergitas dari semua pihak termasuk masyarakat, Hal ini tentu bertujuan agar ada kesadaran terkait dengan memperhatikan lingkungan yang telah kita jaga dan kita rawat.

“Ambon bersih ini saya bilang di mana mana bahwa sesungguhnya ini bisa diwujudkan kalau tercipta sinergitas antara seluruh elemen masyarakat dengan Pemerintah,” ungkap Wattimena.

Sementara ini, Pemkot sedang berupaya untuk menyelesaikan permasalahan ini dari lapisan paling bawah. Yakni mengkerahkan masyarakat dari tingkat RT/RW, sehingga hal ini dapat membangkitkan rasa tanggung jawab dan kesadaran masyarakat, untuk membuang sampah dapa temat dan waktu yang tepat.

“Yang sementara kita lakukan adalah menyerahkan tanggung jawab ini ke Kecamatan dan kemudian akan didistribusikan ke Kelurahan/Desa/Negeri untuk melakukan pengelolaan sampah secara langsung tidak lagi kita lakukan dengan tingkat Pemkot supaya makin kecil ruang lingkupnya lalu bisa memicu keterlibatan masyarakat lewat RT/RW dan seterusnya,” ulasnya.

Melalui peringatan HPSN ini, Wattimena berharap seluruh masyarakat yang berada di kota ini dapat membantu Pemerintah untuk mewujudkan salah satu dari 11 kebijakan prioritas. “Di HPSN ini saya meminta kita semua untuk dengan keberadaan kita baik itu dengan kekuatan, kedudukan, fungsi, tugas kita sebagai Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sebagai apapun itu mari kita bersama sama berkolaborasi dalam tindakan yang bersinergi satu dengan yang lain untuk mengatasi persoalan sampah di kota Ambon tercinta,” tandas Wattimena.

Untuk dikateahui, perayaan HPSN Tahun 2023 ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan diantaranya, sosialisasi, bakti sosial, dan penanaman mangrov pada Teluk Ambon, yang dilakukan oleh Pemkot bersama dengan Ikatan

Masyarakat Nelayan Maluku (IKMANEMA). (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *