“Dibebastugaskan”, Ada Kejanggalan & Ketidakadilan Untuk 5 Majelis Sektor I Jemaat GPM Imanuel 

MALUKUEXPOSE.COM- 5 Majelis Sektor I dan II dibebastugaskan sementara dari tangung jawab pelayanan Khusus dan tidak diperbolehkan untuk melayani di jemaat GPM Imanuel Karang Panjang Kota Ambon.

“Yang disesuaikan dengan Peraturan Pokok Tentang Penggembalaan tahun 2016 Pasal 12 ayat 3, maka dalam Rapat Majelis Jemaat GPM Imanuel (03/06/23) telah memutuskan untuk membebaskan sementara ke-5 Majelis Jemaat Sektor I dan Sektor II yaitu atas nama Pnt. Ralahalo, Pnt Ny L Pattipelohy,  Dkn. Ny. L. Limaheluw, Dkn S. A. Pattikawa dan Den Ny S. Akerina, dari tanggung jawab pelayan khusus dan tidak dibolehkan untuk melayani di Jemaat GPM Imanuel Karang Panjang sambil menunggu keputusan Majelis Pekera Harian Sinode GPM, dan mulai berlaku pada Minggu, 04 Juni 2023 sampai dengan adanya keputusan Majelis Pekerja Harian Sinode GPM,”.

Hal ini dikarenakan, menurut isi surat yang bahwa ke-8 Majelis Jemaat I dan II pernah diipanggil di tanggal (10/04/23) untuk menandatangani Surat Pernyataan yang bersi 3 point terkait dengan komitmen untuk tetap melayani sebage Majelis Jemaat GPM Imanuel dan diminta untuk membacakan surat pernyataan tersebut sebelum ditanda tangan dan ternyata hanya 3 MJ yang menandatangani sebagai bentuk pernyataan untuk tetap melayani sebagai Majelis Jemaat GPM Imanuel yaitu Pdt A. O Pattikawa Pdt. F. D Titaheluw dan Dkn C . J Soselissa.

Sedangkan ke-5 MJ yang Dibebastugaskan memilih menolak untuk menandatangani dan membuat keputusan untuk mengembalikan surat penyataan dan kemudian pulang meninggalkan pertemuan.

Kemudian (01/05/23), Pimpinan Harian Majelis Jemaat kembali melakukan proses pemanggilan ke-8 Majelis Sektor I dan Sektor II Dalam rapat tersebut “Bapak dan Ibu kelima MJ Sektor 1 dan Sektor telah mengaku dan cenderung mengarahkan pelayanan ke Umat Bait Eden dan mengaku bahwa yang membeli Perlengkapan Perjamuan Kudus Umat Bait Eden adalah Keluarga Dkn. Ny. L Limaneluw,”.

Dan selama kurun waktu masa tindak penggembalaan dan pasca penggembalaan bagi ke-5 MJ Sektor I dan Sektor II temyata ke-5 Majelis tidak membuahkan hasil dimana Bapak dan Ibu selalu terlibat dalam kebaktian Persekutuan Umat GPM Bait Eden, melaksanakan Perjamuan Kudus dan pelayanan duka cita bagi Persekutuan Umat GPM Bait Eden tanpa kordinasi dengan Majelis Jemaat GPM Imanual dan selalu melibatkan Pendeta non GPM dan Pendeta yang berasalah dengan GPM serta tidak membangun kordinasi pelayanan di Sektor I dan Sektor II.

Bahwa ternyata atas tindakan penggembalaan yang telah dilakukan oleh Pimpinan Harian Majelis Jemaat GPM Imanuel dari proses pemanggilan tahap I sampai dengan tahap III tidak membuahkan pembaruan hidup dan peningkatan kinerja dan Bapak Ibu ke-5 Majelis Jemaat Sektor I dan Sektor II cenderung memecah persekutuan umat di Jemaat GPM Imanuel dengan tetap melayani Jemaat Umat Jemaat Bait Eden dan telah menyatakan secara terbuka menjadi bagian Jemaat Umat Bait Eden,” diKutip isi Surat yang dikeluarkan oleh Gereja Protestan Maluku, Anggota PGI Klasis Kota Ambon Jemaat Imanuel.

Hal ini membuat ketidakyamanan kepada Sektor I Jemaat Imanuel yang sekarang ini sudah masuk sebagai Sektor I Umat Bait Eden merasa resah dan prihatin dengan tindakan-tindakan dari MJ Imanuel.

Dikarenakan, ke-5 MJ Imanuel Sektor I diberikan sanksi dibebastugaskan dari pelayanan oleh MJ pada (03/06/23) kemarin. Sebelum masa periode sebagai Majelis selesai.

Hal ini bisa digambarkan kebencian MJ Imanuel kepada kami yang sekarang ini sudah masuk menjadi Sektor I Umat Bait Eden sangat lah terlihat, dengan mencari cara yang tidak sportif kepada ke-5 MJ Sektor I Imanuel ini.

“Kalau ditelusuri ke-5 MJ ini tidak melakukan hal-hal yang melanggar pokok gereja GPM, akan tetapi kenapa harus dikenakan sanksi seperti ini?? ,’ dipertanyakan Wem Pattiruhu, karena bisa saja ini cara-cara untuk mematikan karir pelayanan dari ke-5 MJ, Senin (05/06/23).

Olehnya itu, dengan adanya peristiwa seperti ini, Pattiruhu mengatakan, Umat Gereja terkhususnya sektor I merasa tidak ada keadilan dengan keputusan MJ Imanuel kepada 5 Majelis ini.

Karena ada salah satu Majelis Corneles Buce soselissa yang merupakan teman pelayanan dari 5 Majelis yang diberikan sanksi kemarin, Sampai saat ini tidak diberikan sanksi dari segi apapun padahal sudah tidak melakukan pelayanan selama satu tahun lebih.

“Sementara 5 Majelis yang melayani sesuai dengan jadwal pelayanan diberikan sanksi, apakah ini keadilan yang setimpal, ini merupakan salah satu contoh reel yang nyata yang harus bisa dibandingkan,” Katanya

(Penaggungjawab Sektor I Umat Bait Eden)

Intinya, isi surat yang di keluarkan bagi ke-5 MJ lanjutnya, masih ditemukan Kejanggalan.

Dan apasalahnya, ke-5 Majelis setelah melayani di Gereja Imanuel dan pelayanan-pelayanan lainya, mereka luangkan waktu untuk berkunjung ke kami. “Kan kami juga masih umat GPM”, Dengan tidak adanya ketikadilan, kami akan terus perjuangkan ke-5 Majelis dari sektor I jemaat GPM Imanuel ini,” ujarnya

Dirinya juga menyentil sedikit tentang perilaku salah satu pendeta Eddy Rassam yang terlibat dalam proses keluarnya surat dibebastugaskan ke-5 Majelis ini.

“Ini dikarenakan dokumentasi gambar yang diambil pendeta kepada ke-5 Majelis Imanuel yang melakukan pelayanan ke orang duka umat Bait Eden beberapa hari lalu, yang membuat perbincangan di antara group Majelis Imanuel sehingga dikeluarkan surat dibebastugaskan tersebut,” katanya

Lanjutnya, apa yang mereka lakukan ini kan merupakan kewajiban mereka, dikarenakan sudah keluar dari jam tugasnya mereka sebagai pelayan.

Hal ini juga kan sudah pernah dikatakan oleh ketua Klasis, “bahwa mereka bisa melayani saja, tapi jangan di hari Minggu di umat bait Eden. Dan bukti rekaman nya semuanya ada,” Tandasnya

Jadi tidak ada yang salah dengan ke-5 MJ ini, oleh itu dirinya berharap, agar sinode jangan menerima laporan yang hanya sepihak dari majelis jemaat Imanuel, tapi kalau boleh turun langsung ke jemaat lalu telusuri dan mencari tau. (**)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Silahkan Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *